MANFAATKAN UNTUK ANALISIS USAHA BUMDES
Aplikasi DSS UMKM ini adalah milik Kementerian Negara Koperasi dan UKM Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK. Software (Piranti lunak) DSS UMKM adalah sebuah kelas sistem komputerisasi informasi, yang dapat mendukung para penggunanya dalam perencanaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan yang dalam hal ini untuk usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM).
DSS dapat memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan, ketelitian dalam perhitungan dan pemeriksaan. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan efektivitas dan efesiensi bagi pihak pemerintah, pelaku usaha dan lembaga intermediary dalam melakukan pengambilan keputusan untuk mengembangkan bisnis UMKM.
A. Fitur Decision Support System (DSS) UMKM
Fitur yang diberikan aplikasi Decision Support System (DSS) UMKM yang dapat dimanfaatkan bagi setiap pengguna atau pelaku UMKM adalah:
- Mendukung pengguna atau pelaku UMKM pada sektor perdagangan, pertanian, manufaktur, jasa, restoran untuk perencanaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan.
- Memiliki fasilitas yang memberikan informasi dan wawasan berkaitan dengan istilah dan teknik-teknik pembuatan perencanaan maupun pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan.
- Mampu melakukan ekspor dokumen menjadi file doc (Microsoft Word) siap cetak.
- Proses pengisian untuk pembuatan studi kelayakan ekonomi dan keuangan tidak harus dilaksanakan pada satu waktu dan dapat disimpan kapan saja.
B. Kebutuhan Dasar Hardware dan Software
Aplikasi DSS UMKM ini akan berjalan baik pada komputer dengan konfigurasi hardware dan dukungan software sebagai berikut:
Hardware:
- Komputer dengan prosesor Intel Pentium IV ataupun yang setara
- RAM minimum 512MB atau lebih
- Monitor dengan resolusi minimum 800×600
Software:
- Sistem Operasi Windows XP SP2 atau Windows Vista
- Net Framework 3.5 atau diatasnya
- Office 2003 atau Office 2007
C. Cara Menjalankan Aplikasi Decision Support System (DSS) UMKM
DOWNLOAD DSS UMKM dan INSTAL
Setelah aplikasi sukses terpasang di komputer dan sudah berjalan dengan baik, sekarang user dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat perencaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan usaha. Untuk mempermudah penggunaan, berikut penjelasan dari masing-masing tombol toolbar yang terdapat dalam aplikasi, toolbar dari kiri ke kakan mengilustrasikan proses pembuatan studi kelayakan:
- Profil; merupakan toolbar yang terdiri dari profil perusahaan dan profil usaha. Toolbar ini dapat di klik untuk membantu user mendeskripsi perusahaan dan usaha yang dijalankan.
- Aspek; terkait dengan aspek produksi, pemasaran, manajemen dan SDM, lingkungan dan keuangan.Toolbar ini dapat di klik untuk membantu user mendeskripsikan aspek ekonomi dan keuangan perusahaan dan usaha yang dijalankan.
- Analisis Bisnis; pada toolbar ini, sistim akan secara otomatis melakukan analisis setelah user melakukan pengisian pertanyaan yang diajukan/tersedia pada toolbar profil dan aspek produksi, pemasaran, manajemen & SDM, Lingkungan dan Keuangan.Hasil analisis akan ditampilkan dalam image angka skor, grafik warna dan deskripsi hasil analisis.
- Print; toolbar ini disedikan untuk memberikan pilihan kepada user untuk memprint hasil studi kelayakan dalam format dokumen Ms Word (doc).
Langkah-langkah memulai aplikasi DSS studi kelayakan ekonomi dan keuangan usaha adalah sebagai berikut :
- Untuk mulai menjalankannya, user terlebih dahulu diminta untuk menyesuaikan sektor usaha yang dijalankannya atau sektor usaha yang akan dibuat studi kelayakannya dengan memilih tampilan toolbar aplikasi.
- Untuk membuat studi kelayakan dari usaha, dimulai dengan Tahap Pengisian Profil Perusahaan.User dapat langsung meng-klik icon profil perusahaan. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian identitas perusahaan dan konsep awal. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form identitas perusahaan. Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah terisi, kembali di-klik form konsep awal untuk melakukan pengisian selanjutnya. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian profil usaha.
- Tahap pengisian profil usaha, User dapat langsung meng-klik icon profil usaha. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian kondisi perusahaan dan form pola pembiayaan bank.. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form kondisi perusahaan. Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah terisi, kembali di-klik form selanjutnya mengenai pola pembiayaan bank untuk melakukan pengisian selanjutnya. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian aspek produksi.
- Tahap pengisian Aspek Produksi, User dapat langsung meng-klikicon aspek produksi. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian aspek produksi. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form aspek produksi. Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah terisi, kembali di-klik form selanjutnya mengenai pola pembiayaan bank untuk melakukan pengisian selanjutnya. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian aspek pemasaran.
- Tahap pengisian Aspek Pemasaran, User dapat langsung meng-klikicon aspek pemasaran. Setelah di-klik akan muncul layar tampian bantuan dan form isian kinerja Pemasaran. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form kinerja Pemasaran. Isian form terletak pada layar paling kanan. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian manajemendan SDM.
- Tahap pengisian Aspek Manajemen dan SDM, User dapat langsung meng-klikicon aspek manajemen dan SDM. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian manajemen dan SDM. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form kinerja manajemen dan SDM. Isian form terletak pada layar paling kanan. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan(sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap aspek lingkungan.
- Tahap pengisian Aspek Lingkungan, User dapat langsung meng-klikicon aspek lingkungan. Setelah di-klik akan muncul layartampilan bantuan dan form isian aspek lingkungan. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada setiap tampilan form aspek lingkungan. Isian form terletakpada layar paling kanan. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian aspek keuangan.
- Tahap pengisian Aspek Keuangan, User dapat langsung meng-klikicon aspek keuangan. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian kinerja keuangan yang terdiri dari tujuh form. Laluisilah setiap pertanyaan yang tersedia pada setiap tampilan form kinerja keuangan, mulai dari form satu sampai tujuh. Isian form terletak pada layar palingkanan. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan, user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Setelah selesai melakukan pengisian, lanjutkan pada tahap pengisian aspek manjemen dan SDM.
- Analisis bisnis; pada toolbar ini, sistim akan secara otomatis melakukan analisis setelah user melakukan pengisian pertanyaan yang diajukan/tersedia pada toolbar profil dan aspek.Hasilanalisis akan ditampilkan dalam image angka skor (indeks), angka kelayakan keuangan (Cash Flow, IRR, BEP, BCR, PP, NPV-PI), grafik warna dan deskripsi hasil analisis. Untuk melihat hasil analisis dari masing-masing aspek dapat langsung di klik tab hasil analisis pada bagian tengah aplikasi. Pada gambar disamping diberikan contoh hasil analisis produksi. Pada layar ditunjukkan hasil analisis perindikator dan analisis secara komulatif keseluruhan indikator. Untuk hasil analisis dengan kelayakan tinggi diilustrasikan dengan warna hijau, kelayakan sedang dilustrasikan dengan warna kuning dan kelayakan rendah diilustrasikan dengan warna merah.
D. Output Aplikasi Decision Support System (DSS) UMKM
- PROFIL PERUSAHAAN
- KONSEP AWAL
- KONDISI PERUSAHAAN
- POLA PEMBIAYAAN BANK
- KINERJA MARKETING
- Produk
- Harga
- Distribusi
- Market Share
- Segmentasi dan Positioning
- Tingkat Persaingan
- Promosi
- Analisis Kinerja Marketing
- KINERJA PRODUKSI
- Lokasi Usaha
- Fasilitas Produksi dan Peralatan
- Bahan Baku
- Tenaga Kerja
- Teknologi Usaha
- Proses Produksi
- Kapasitas Produksi
- KINERJA MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA
- Bentuk Organisasi
- Profil Usaha
- Kompensasi
- Analisis Kinerja Manajemen dan Sumber Daya Manusia
- KINERJA KEUANGAN
- Tabel Biaya Investasi
- Tabel Jumlah Tenaga Kerja
- Tabel Biaya Gaji
- Tabel Perhitungan Hari Modal Kerja
- Tabel Hasil Budidaya Optimum dan Minimum
- Tabel Tahapan dalam Proses Budidaya
- Tabel Perkembangan Jumlah Hasil Budidaya
- Tabel Estimasi Laporan Neraca
- Tabel Estimasi Laporan Rugi Laba
- Tabel Perkembangan Cash Flow
- Tabel Perhitungan Break Even Point
- Tabel Perhitungan Benefit Cost Ratio
- Tabel Perhitungan Payback Periods
- Tabel Perhitungan Net Present Value dan Profitability Index
D. Manfaat Decision Support System (DSS) UMKM
- adanya instrument perhitungan kelayakan investasi yang lebih mudah
- menyediakan informasi bagi pelaku usaha dalam penyusunan model investasi
- menyediakan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas yang berminat mengembangkan usaha sejenis
Labels:
Panduan
Thanks for reading APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) UMKM. Please share...!
0 Comment for "APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) UMKM"